Posted on

WOnderful Dystopia. Review of “Elysium”

Image

Jangan remehkan negara Afrika Selatan dan jangan cuma kenal sama Charlize Theron sebagai aktris peraih Oscar yang berasal dari sana saja, kalian harus kenal lebih dekat sama sineas satu ini, Neill Blomkamp. Dia pernah sukses membuat film sci-fi berjudul “District 9” (2009) tentang alien berwujud udang yang tinggal sementara di Bumi, dan berhasil dapat 4 nominasi Oscar di tahun 2010 termasuk Best Picture. Visual effects yang keren dan membuat nama Sharlto Copley, sang aktor utama di film itu dikenal di Hollywood, well, dia juga berasal dari Afrika Selatan. Neill kembali lagi membuat genre yang sama di tahun ini, menghadirkan kembali nuansa sci-fi yang digabung dengan teknologi canggih bercampur dengan nuansa Dystopia berjudul “Elysium”. Memasang Matt Damon dan Jodie Foster sebagai dua pemain utama, akan bikin film ini sebagai film sci-fi paling dinanti tahun ini.

Image

ber-setting tahun 2154, Bumi hampir nggak layak untuk dihidupi. Orang-orang kaya hidup di sebuah tempat bernama Elysium yang subur dan penyakit mereka bisa disembuhkan dengan cepat, sedangkan orang-orang miskin tetap hidup di Bumi dengan keadaan yang mengkhawatirkan layaknya di tempat kumuh. Max Da Costa (Matt Damon) seorang warga Bumi yang penuh dengan catatan kriminal, mulai hidup dengan nyaman karena mempunyai pekerjaan di sebuah perusahaan pabrik, tiba-tiba terkena radiasi mematikan yang membuatnya punya waktu hidup tinggal 5 hari saja. Satu-satunya jalan untuk menyembuhkannya dengan pergi ke Elysium. Max pergi secara ilegal dibantu oleh temannya, tapi nggak semudah yang dibayangkan. Karena dia harus berhadapan dengan Menteri Pertahanan Elysium, Delacourt (Jodie Foster) yang berdarah dingin dengan agen suruhannya yang mematikan di Bumi bernama Kruger (Sharlto Copley). Bisakah dia Bertahan hidup?

Image

Okay, here’s the review. Kalian akan deja vu dengan film “District 9”, karena Neill berhasil kembali menggambarkan nuansa Dystopia-future yang memukau lengkap sama reruntuhan gedung yang meyakinkan hampir nggak terlihat kalau itu efek spesial. Lengkap dengan teknologi canggih yang digambarkan ada di tahun 2154 layaknya esensi sci-fi pada umumnya, really great. Ada beberapa adegan yang berdarah-darah di sini, tapi tetap keren untuk ditonton walaupun sedikit ada yang di sensor. Matt Damon dan Sharlto Copley berhasil bertransformasi lewat film ini, dan terutama untuk Copley, hampir semuanya nggak mengenalinya karena perubahan fisik yang lebih atletis dan wajahnya disini dipenuhi brewok. Sayangnya, penampilan Jodie Foster cuma sebentar dan terkesan hanya ‘tempelan’, even perannya cukup mengundang perhatian karena karakternya yang bengis. Ending-nya pun kurang menggigit padahal pertengahan film sudah thrilling.

Image

Overall,  masih bisa dinikmati untuk film sci-fi. Silakan terpukau dengan nuansa Dystopia-future yang keren, visual dan action yang seru. You will not regret.

Advertisements

About MovTastic

Blog yang membahas semua review, news, dan upcoming movie khusus yang ber-genre fantastic. Fyi, Fantastic Genre adalah film-film yang ber sub-genre Horror, Thriller, Sci-Fi, Anime, Slasher, Gore, Action, dan Fantasy. MovTastic is your guide to fantastic genre movie. About The Creator: Diaksa Adhistra Nugroho biasa dipanggil Diaksa atau Didi, sebenarnya memang hobi nonton film dari SD. Semua film dihajar untuk ditonton di bioskop, tapi walaupun semua film ditonton (kecuali film horor mainstream vividsm yang lagi marak), dia paling hobi nonton genre Fantastic (Sci-fi, horor, thriller, gore, action, dan anime length feature). That's why dia membuat blog ini karena kepuasan dia untuk membuat review film khusus bergenre itu karena jarang sekali dibuat. Keseharian-nya adalah seorang reporter yang sedang merintis karir. Dia bukan kritikus dan nggak mau dibilang kritikus karena bukan expert di bidang film, he's just a movie reviewers and also movie reviewers. Diaksa juga punya satu misi: ingin menulis buku dan nulis skenario film. Boleh follow twitter-nya di @diaksaadhistra atau Facebooknya: www.fecebook.com/diaksa.adhistra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s